32 Siswa SMK Ikuti Kompetisi Keterampilan Dunia di Jerman

Standard
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melepas secara resmi 32 peserta Kompetisi Keterampilan Dunia ke-42 atau 42nd Worldskills Competition Leipzig 2013 di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, pada Selasa siang (25/6). Tahun ini Indonesia mengirimkan 32 peserta yang akan berkompetisi untuk 30 bidang kompetisi dari total 46 bidang yang dilombakan. Tahun ini merupakan keikutsertaan Indonesia yang ke-5 kali selama 41 penyelenggaraan Worldskills Competition (WSC).

Dalam laporannya saat acara pelepasan, Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Hamid Muhammad mengatakan, tahun ini melalui Direktorat Pembinaan SMK, Indonesia telah menambah bidang kompetisi dari 25 bidang pada WSC sebelumnya, menjadi 30 bidang. Sedangkan tahun ini jumlah negara peserta juga naik dari 51 menjadi 66 negara.

Hamid menjelaskan, peserta WSC merupakan hasil seleksi Lomba Keterampilan Siswa (LKS) yang telah mendapat pelatihan selama enam bulan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Malang, Jawa Timur. Para peserta akan berangkat ke Leipzig, Jerman, pada 28 Juni 2013.

Sementara Mendikbud Mohammad Nuh dalam sambutannya berpesan empat hal kepada para peserta. Pertama, untuk menggunakan WSC untuk mengukur keterampilan kompetensi teknis dan membandingkannya dengan negara lain. Kedua, untuk mengetahui perkembangan keterampilan negara lain dilihat dari kompetensi pesertanya. Ketiga, manfaatkan WSC untuk membangun jejaring dengan negara lain. Dan keempat, manfaatkan WSC untuk mengenal lingkungan negara lain, dalam hal ini di Leipzig, Jerman.

Menteri Nuh juga mengingatkan peserta dan pembimbing untuk memiliki target dan persiapan, sehingga bisa terencana dengan baik. “Tidak bisa yang kita lakukan sekedar berpartisipasi dan melengkapi pekerjaan rutin, tapi kita juga harus punya misi,” katanya.

Worldskills Competition adalah kegiatan yang diselenggarakan Worldskills International (WSI) sebagai wadah unjuk keterampilan tenaga muda terampil dari seluruh negara yang tergabung di dalamnya. WSC diselenggarakan setiap dua tahun di negara pelaksana yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan para anggota WSI diwakili oleh Official Delegate (OD) negara peserta pada General Assembly Meeting. Beberapa bidang kompetisi yang dilombakan di antaranya mobile robotic, mechanical engineering design, web design, industrial control, pastry cook, cooking, beauty therapy, dan hairdressing.

Pada WSC tahun 2011, Indonesia mendapat 17 medali penghargaan dari 17 bidang kompetisi. Kepala Subbidang Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud, Teguh Widodo mengatakan, ke-17 medali tersebut diterima Indonesia sebagai pengakuan internasional atas standar kompetensi Indonesia yang telah melewati passing grade yang ditetapkan. (DM)

http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1476

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s