Sistem Ulangan Online

Standard

Penerapan ICT pada sekolah saya, terutama kompetensi keahlian saya, yang memang ICT juga (Software Engineering/Rekayasa Perangkat Lunak) sudah terasa betul di kalangan siswa-siswi dan guru-gurunya juga.

Sistem Ulangan Online ini berupa halaman web dinamis, yang dibuat menggunakan pemrograman PHP, tentunya guru saya yang membuatnya.

Sata jelaskan alur kerja sistem ini seperti apa..

Di sistem ini, sebelumnya siswa harus mendaftar terlebih dahulu, NIS-nya berapa, Nama, Alamat, Kontak, Username, Password, Foto. Setelah itu ketika guru menginput dari sistem yang dapat mengelola ulangannya, kapan ulangannya, berapa soalnya, apa saja soalnya. Nanti akan diumumkan kapan ulangannya, jadi siswa-siswi harus login saat waktu yang telah ditentukan oleh guru. Misal guru mengumumkan di grup Facebook, “Ulangan Materi: Elektronika Dasar akan dimulai jam 17.00-18.00 hari Senin”. Diluar dari waktu itu kita tidak bisa melaksanakan ulangannya, berarti kita dianggap nol nilainya, karena tidak mengikuti ulangan (meski memang ada susulannya tapi membuat nilai minus).

Saat kita login dan mulai ulangan, sebelumnya ada lembar persetujuan, contohnya seperti jika putus sambungan internet atau mati listrik kita dianggap logout dari sistem dan telah melaksanakan ulangan, tidak peduli berapa yang telah dikerjakan. Lalu kita juga diberi informasi berapa soalnya dan satu soal berapa menit, karena kalau dalam satu soal tersebut tidak menggunakan timer kita akan enak mencontek dari sumber yang kita cari di internet, file-file materi, dll. Maka dari itu menggunakan timer, biasanya satu soal satu menit, karena memang soalnya lumayan mudah. Setelah satu soal habis waktunya satu menit, sistem akan mengganti soalnya ke soal selanjutnya.

Setelah kita menyelesaikan semua soalnya, dengan otomatis sistem mengkalkulasi berapa yang benar dan salahnya. Kita juga bisa langsung tahu nilai kita berapa dan pembahasannya. Mengapa diberitahu pembahasannya? Karena ini kan sistem, kita tidak bisa mengulang ulangan yang sama untuk kedua kalinya. Jadi, kita harus teliti dan hati-hati juga dalam menjawab soal.

Seperti itu kurang lebih gambarannya, meski masih banyak kekurangannya seperti putus koneksi karena listrik atau internetnya gangguan; menggunakan batasan timer (seharusnya menggunakan monitoring aplikasi dan halaman, sehingga yang kita buka hanya sistem ini saja tidak bisa yang lainnya); kesalahan kalkulasi juga sering terjadi; atau software bug seperti jawabannya sebetulnya benar tapi dibilang salah, aneh sekali?

Tapi, setidaknya dengan adanya sistem ulangan online ini benar-benar membantu siswa-siswi apalagi guru-guru untuk mengeluarkan kertas (paperless), redudansi data, simpang siur data, data yang hilang, susah dikelola, dll. Ulangan Online ini juga salah satu penerapan e-Learning dan Homeschooling.

Advertisements

2 thoughts on “Sistem Ulangan Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s