Penerapan Mobile Learning di Pendidikan

Standard

Mobile Learning, seperti post saya tentang SIEDUN, itu juga merupakan sistem mobile learning.
Mobile Learning juga merupakan salah satu dari e-Learning.

Mengapa harus mobile learning?

Karena sangat memudahkan bagi kita para siswa-siswi maupun guru-guru. Di zaman globalisasi yang serba menggunakan teknologi terutama dalam bidang TIK, kebutuhan data, komunikasi, informasi itu harus diperoleh dengan cepat.

Di sekolah saya sendiri mobile learning ini masih dalam tahap pengembangan dan percobaan. Di sekolah saya menggabungkan antara 2 kompetensi keahlian untuk menciptakan sistem mobile learning ini, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer Jaringan. RPL yang menciptakan sistemnya, TKJ yang membuat jaringannya.

Mobile Learning merujuk kita untuk Ubi Learning, belajar kapan pun dan dimana pun inilah gerbang menuju Next Generation Learning (NGL). Materi-materi yang disampaikan juga bersifat “hand-on”.

Apalagi dengan hadirnya PDA, Smartphone, PC Tablet, handphone-handphone canggih masa kini.
Seperti iPhone, Android, BlackBerry. Kita harus mengoptimalisasikan teknologi tersebut, untuk apa ada teknologi canggih kalau tidak kita gunakan dengan baik dan positif.

Koneksi internet sekarang sangat mudah mencarinya, baik kita menggunakan Wi-Fi atau pulsa internet yang cukup murah untuk zaman sekarang daripada zaman dulu bisa dikatakan masih mahal. Siswa tentunya akan lebih menarik dengan pembelajaran seperti ini karena interaktifnya, mudah dan familiarnya penggunaan perangkat-perangkat mobile yang mereka gunakan setiap hari

Mobile Learning, dulu masih berbasis teks atau sms, sekarang sudah bisa mengakses gambar, video, suara, file-file dokumen, dll.

Jadi, intinya dengan penerapan mobile learning, pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan Indonesia, Insya Allah akan maju.

Referensi : http://blog.elearning.unesa.ac.id/antok-saivul-huda/pengertian-e-learning-m-learning-dan-u-learning

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s