Dari Blog Sampai Robot

Standard

Ini adalah salah satu prestasi saya yang membanggakan alhamdulillah

Dimuat di koran Galamedia, ditulis 25 September 2011

Yang versi online di web Galamedianya sendiri sudah terhapus.

Berikut artikelnya, selamat membaca

Reza Maliki Akbar

Koran Galamedia : Senin, 26 September 2011, Halaman 9, Rubik Eskul, Reza Maliki Akbar-Dari Blog Sampai Robot-SMKN 1 Cimahi

HOBI seseorang ternyata bisa menjadi kelebihan yang cukup menonjol. Seperti yang terjadi pada Reza Maliki Akbar. Awalnya sih cuma bikin blog, lalu cowok yang baru duduk di bangku kelas dua Program Rekayasa Piranti Lunak (RPL) SMKN 1 Cimahi ini tertarik untuk tahu lebih segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi internet.

Nah, berkat usahanya mendalami dunia internet, Malik bisa meraih gelar juara pada lomba bloging contest tingkat se-Jawa-Bali belum lama ini. Malik mengalahkan pesaing lainnya yang lebih senior dan berpengalaman.
“Saat lomba aku masih kelas I. Tapi pesaingnya kebanyakan usianya di atasku, kelas II atau kelas III. Tapi bersyukur, deh, soalnya aku berhasil jadi juara I, mengalahkan kakak kelas di SMKN 1 Cimahi yang hanya menjadi juara dua,” ujar Maliki kepada “GM” belum lama ini.

Menurut cowok kelahiran 7 Mei 1995, sebenarnya blog yang dibuat untuk lomba tersebut cukup simpel. Bahkan untuk beberapa isi ia mendownload di internet. Namun, juri bilang, isinya seusia dengan yang diharapan.
“Temanya tentang kehidupan anak-anak SMA atau putih abu. Makanya desainnya aku sesuaikan. Isinya kubikin tentang pengalaman pribadi masuk ke sekolah ini. Ternyata banyak yang suka,” katanya.

Pengetahuannya tentang desain blog dipelajarinya secara otodidak. Karena betul-betul tertarik Malik pun coba untuk mempraktikkannya. Hasilnya gelar juara antarpelajar pun diraihnya.

Sebetulnya sih, sejak duduk di SMKN 1 Cimahi, Malik enggak cuma mengasah kemampuan di blog, tapi juga berbagai teknologi.
Keseriusannya dalam belajar, membuat Malik pun dipercaya menjadi ketua ekskul Forum Teknologi (Fortek) SMKN 1 Cimahi. Bersama teman-temannya di Fortek Malik berhasil menciptakan robot yang disebutnya sebagai Robot Kecoa.

“Ketika aku lagi ngerasa bosen ngulik software, aku ajak teman-teman bikin karya. Hasilnya ya Robot Kecoa itu,” ucap Malik.
Malik emang punya semangat mencipta karya yang cukup besar. Sudah berhasil ciptakan robot kecoa, enggak membuatnya puas. Kini dia sedang membuat sebuah inovasi yaitu mengontrol lampu pake HP. Tapi sayangnya, untuk satu karyanya itu Malik enggak melanjutkan. Alasan kurangnya dana membuat Malik menyimpan karyanya itu.

“Sekarang itu belum dikembangin lagi. Tapi sebenarnya secara simulator karya saya itu sudah bisa jalan. Tapi karena terbentur dana sekarang enggak diteruskan,” kata Malik yang punya cita-cita menjadi sistem analis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s